Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BERBAKTI KEPADA GURU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPACK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 1 TABONGO

Vivin U. Kaharu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi berbakti kepada guru melaluimodel pembelajaran TPACK. PenelitiantermasukjenisPenelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SDN 1 Tabongo Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 17 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitiandiperolehmodel pemebelaran TPACK berhasil meningkatkan hasil belajar pesertadidikpada materi berbakti kepada guru. Sebelum diterapkannya model pembelajaran TPACK hasil belajar siswa secara klasikal hanya 6 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0. Setelahditerapkannyamodeltersebutpada siklus I sebanyak 5 peserta didik (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 91.00. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...