Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENJAGA LISAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF PADA FASE B KELAS 4 DI SD NEGERI 1 TILANGO

Syarif Hidayatullah Z. Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan materi menjaga lisan berbasis media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada fase B kelas 4 di SD Negeri 1 Tilango. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SD Negeri 1 Tilango Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pengembangan materi menjaga lisan berbasis media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas 19 dan yang tidak tuntas 5 dengan di peroleh nilai rata rata 77 dan presentase 76 % secara kelasikal sudah mencapai standar keberhasilan yaitu 70%, Untuk memperkuat bukti bahwa media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, dilakukan siklus II, yang menunjukkan ketuntasan penuh, dengan 25 peserta didik mencapai nilai rata-rata 81 dan presentase 100%. Dengan demikian, media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...