Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENERAPKAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI MAKNA BERIMAN PADA HARI AKHIR KELAS V SD NEGERI 4 TABONGO

Rahmat A. Bulongkod (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman peserta didik Melalui Metode Index Card Match Pada Materi Makna Beriman Pada Hari Akhir Di Kelas V SD Negeri 4 Tabongon Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 20 pesertadidik.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian in imenggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikutini :1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkanhasil test pada prasiklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil Pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Makna Beriman Pada Hari Akhir”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil Pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (25 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67,23. Setelah diterapkannya metode tersebutpada siklus I sebanyak peserta didik 10 (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.09 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.55.Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar pesertadidikdengan menggunaka nmetode Index Card Match. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...