Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN SURAH AN-NAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS II SDN 2 BATUDAA PANTAI

Nurnanda Amali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Quran Surah An-Nas melalui model pembelajaran problem based learning di kelas II SDN 2 Batudaa Pantai dalam mempelajari materi Al-Quran Surah An-Nas. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas II SDN 2 Batudaa Pantai Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan akitifitas belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 80% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 11 orang dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 90% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 16 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...