Al-Minhaj
Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Karakter Jujur Pada Siswa Kelas 4 SD Inpres Sukur

Mukaromah, Khoirotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter jujur pada siswa kelas 4 SD Inpres Sukur melalui penerapan metode pembelajaran berbasis role playing. Karakter jujur merupakan salah satu nilai penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Inpres Sukur yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penilaian kinerja siswa selama kegiatan role playing. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan perilaku jujur siswa yang diukur melalui perubahan sikap dan tindakan mereka dalam berbagai situasi yang disimulasikan dalam role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan karakter jujur pada siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor kejujuran siswa antara siklus pertama dan siklus kedua. Selain itu, siswa menjadi lebih terbuka dalam mengungkapkan pendapat mereka, serta lebih bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode role playing merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam membentuk dan mengembangkan karakter jujur pada siswa sekolah dasar. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan metode ini dalam pembelajaran karakter untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendidik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...