Al-Minhaj
Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Materi Senangnya Belajar Hadis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Metode Index Card Match di Kelas III SDN 2 Motabang

Herawati Paputungan, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi senangnya belajar hadis mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase C kelas III SDN 2 Motabang Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Index Card Match berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Senangnya belajar Hadis. Sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar pada materi senangnya belajar hadis rendah, setelah diterapkan metode Index Card Match pada Siklus I sebanyak 6 orang siswa (40%) yang tuntas dan 8 orang siswa (57,14%). Pada Siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 orang siswa 85,71%) dan ada 2 orang siswa (14,28%) yang tidak tuntas dalam pembelajaran. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode Index Card Match mendukung siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...