Al-Minhaj
Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 10 Dumoga

Amin Bonde, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidi pada materi beriman kepada nabi dan rasul fase D di smp negeri 10 dumoga Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 17 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat Peserta didik yang tuntas 9 orang atau 53 % tetapi hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75 %. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama ini meningkat menjadi 14 orang atau 82 %. hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 75% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar dapat meningkat menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...