Al-Minhaj
Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI HARI AKHIR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Haeruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian untuk ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) pada materi Hari Akhir dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SD Inpres Kayu Loe, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Pada siklus pertama, persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 60%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 80%. Selain itu, siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu bekerja sama dengan baik dalam kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe STAD efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...