Al-Minhaj
Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QUR'AN SURAH AL-'ALA

Irmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Qur'an, khususnya pada Surah Al-'Ala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model PBL, dengan rata-rata nilai ujian meningkat dari 70 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Dampak dari penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam pendidikan agama Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...