Al-Minhaj
Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Memahami Ayat Al-Qur’an Dan Hadis Tentang Pentingnya Iman Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Kotamobagu

Dwijayanti Kandoli, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Memahami Ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya Iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SMP N 1 Kotamobagu Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki (Total Keseluruhan 15). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan video pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Iman. Setelah diterapkannya penggunaan video pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.66 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.30. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...