Al-Minhaj
Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN METODE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJADI GENERASI TOLERAN MEMBANGUN HARMONI INTERN

Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan metode Word Square dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Fase D, Kelas VIII SMPN 3 Sinoa, Bantaeng. Word square adalah sebuah permainan tempat kita menemukan kata tertentu dalam kolom yang disusun secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Word square secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern, terlihat dari peningkatan hasil evaluasi pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode ini. Kesimpulannya, metode word square efektif sebagai metode bantu pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada topik tentang menjadi generasi toleran membangun harmoni intern

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...