Al-Minhaj
Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI DAULAH BANI ABBASIYAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE FASE D

Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Daullah Bani Abbasiyah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase D Kelas VIII di SMPN 1 Ulu Ere. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan model Kemmis Mc Taggar. Konsep dari model Kemmis Mc Taggart terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus , yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada persentase siswa yang tuntas. Angka ini meningkat menjadi 44,44%. Meskipun terjadi peningkatan, namun persentase siswa yang belum tuntas masih cukup tinggi, yaitu 55,56%. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada persentase siswa yang tuntas. Angka ini melonjak menjadi 88,89%, sedangkan persentase siswa yang belum tuntas menurun drastis menjadi hanya 11,11%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa tindakan perbaikan yang dilakukan pada siklus kedua telah memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...