Al-Minhaj
Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW MELALUI MODEL JIGSAW

Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 11 Sarroanging Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Strategi Cooperative learning model Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya model Jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...