Al-Minhaj
Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ASMA AL-HUSNA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V SD

Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asmaulhusna menggunakan metode Index Card Match. Penelitian termasuk jenis penelitian tindakan kelas sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 27 Kota Selatan yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes tertulis, Observasi dan dokumentasi. dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asmaulhusna. Sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar siswa masih jauh dari kata tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai kelulusan siswa yaitu hanya mencapai 27% dari 26 siswa. Setelah diterapkannya metode Index Card Match pada siklus I maka nilai yang dicapai siswa mulai meningkat yaitu sekitar 38% dari 26 siswa. Dan pada siklus II nilai yang di capai siswa lebih meningkat menjadi 81% dari 26 siswa. pada tahap ini siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran di banding pada tahap sebelum menggunakan metode Index Card Match hal ini dapat dilihat dari ketuntasan yang diperoleh.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...