Al-Minhaj
Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI ELEMEN AKIDAH-AKHLAK DI SDN NO. 86 SIPATANA

Yuningsih Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Elemen Akidah Akhlak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Project Based Learning (PjBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B Kelas 3 SDN No.86 Sipatana Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Project Based Learning (PjBL) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Elemen Akidah Akhlak. Sebelum diterapkannya model Project Based Learning (PjBL) hasil belajar siswa secara klasikal hanya 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa (95%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...