Al-Minhaj
Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 3 SDN 80 KOTA TENGAH

Susi S, Raat (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini penggunaan metode discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 80 Kota Tengah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode discovery learning menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui eksplorasi, pengamatan, dan refleksi. Dengan menerapkan metode ini, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep PAI secara lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam Meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Bakti Kepada Orang Tua Dan Guru Serta Menghormati Orang Lain. peserta didik setelah penerapan metode discovery learning . Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih tergolong Sedang. Sudah ada peningkatan hasil belajar akan tetapi masih dibawah target yang diinginkan yaitu 80% dari jumlah siswa, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam preses pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Dengan demikian, penerapan metode Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan Prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam , membantu siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga mengembangkan sikap dan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dalam pendidikan agama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...