Jurnal Manajemen Dakwah
Vol. 12 No. 1 (2024): -

STRATEGI BAURAN PROMOSI PEMBIAYAAN CICILAN EMAS DALAM MENINGKATKAN INVESTASI PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP TEBET BARAT JAKARTA SELATAN

rizal, study (Unknown)
Robby, Fadhli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

ABSTRAKSalah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) mempunyai produk pembiayaan investasi yaitu cicil emas sesuai fatwa MUI mengenai pembelian emas secara tidak tunai. Produk ini dikategorikan sebagai pembiayaan produktif, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam artian luas yaitu untuk peningkatan usaha, baik usaha produksi, perdagangan maupun investasi. Produk cicil emas BSI pada saat ini dinyatakan sudah berjalan dengan baik. Salah satu Direktur Retail Banking BSI menjelaskan sejauh ini kinerja Cicil Emas Per Mei 2022 Tumbuh 57,1% atau Rp 435,7 Miliar secara year on year. Di mana secara penyaluran pembiayaan pada triwulan I produk Cicil Emas telah tumbuh sebanyak 8.96%. Pertumbuhan pembiayaan cicil emas tersebut menggambarkan situasi penjualan produk cicil emas berjalan dengan baik. Pada saat yang sama, hal ini juga menunjukkan suatu strategi pemasaran yang baik dan berhasil.Menarik diteliti untuk lebih jauh melihat bagaimana investasi cicilan emas di BSI dalam kasus KCP Tebet Barat, apakah mengalami kemajuan dan bagaimana strategi pemasarannya?Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori strategi bauran promosi yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Garry Amstrong dengan 5 unsurnya, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan penjualan langsung dalam meningkatkan investasi cicilan emas pada BSI KCP Tebet Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dan metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumen.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa di BSI KCP Tebet Barat Jakarta Selatana tercatat bahwa penjualan atau pencairan cicil emas secara perlahan turun dari tahun 2020 hingga per 19 Oktober 2022. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19. Dengan keadaan penjualan yang turun dari 3 tahun belakang, BSI KCP Tebet Barat ini tetap bertahan untuk mempromosikan produknya. Hal ini terlihat dari strategi bauran promosi pembiayaan cicil emas yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Tebet Barat sudah berjalan cukup baik dan masih bisa dimaksimalkan lagi. Kata Kunci: Strategi Bauran Promosi, Pembiayaan Cicil Emas, Investasi, Bank Syariah Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmd

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah ...