Masa Keemasan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4 No 1 (2024): Januari 2024

Penerapan Kegiatan Mewarnai, Menggunting Dan Menempel (3M) Pada Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B Di Tk Mutiara Hati Desa Rarai

Sari, Ayu Ruksiana (Unknown)
Tirsa, Aprima (Unknown)
Waridah, Waridah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel (3M) pada kemampuan motorik halus anak  di TK Mutiara Hati Desa Rarai Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru dan peserta didik TK Mutiara Hati 5-6 tahun dan sebagai sumber datanya adalah TK Mutiara Hati. Tahapan dalam pengumpulan data penelitian yaitu : (1) teknik pengumpulan data (2) teknik analisis data (3).  Teknik  Keabsahan Data  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran melalui kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel di TK Mutiara Hati  dilakukan dengan 3 tahap yaitu (1). Tahap perencanaan mempersiapkan bahan dan alat, membuat jadwal kegiatan pembelajaran,menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk proses pembelajaran, mengadakan pertemuan khusus dengan para wali murid. (2). Tahap pelaksanaan kegiatan mewarnai,menggunting dan menempel di kelas. (3). Tahap evaluasi dengan adanya evaluasi ini, para guru membuat catatan perkembangan anak untuk mengetahui perkembangan anak. Kendala-kendala yaitu guru kesulitan dalam menghadapi karakter anak yang berbeda-beda, sarana prasarana yang dimiliki TK Mutiara Hati  masih sederhana dan alat peraga edukatif yang dimiliki juga belum memadai. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Mewarnai, Menggunting ,menempel, motorik halus

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MKJPAUD

Publisher

Subject

Education Other

Description

Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is published by Early Childhood Education Departement in STKIP Melawi, West Kalimantan, Indonesia. This journal is published twice a year in January and July. This journal is consists of conceptual articles and research reports related to nursery ...