Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi kepegawaian (simpeg) berbasis web yang valid, efektif dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseach and development (R&D) dengan model pengembangan waterfall dengan empat tahap yaitu: analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Tahap pengembangan, produk awal sistem informasi kepegawaian (simpeg) berbasis web di uji kelayakannya dengan cara validasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi pelaksanaan pemberkasan secara manual merupakan kegiatan yang tidak efisien, informasi tersebut kemudian menjadi informasi awal pengembangkan simpeg. Tahap pengkodean dilakukan berdasarkan rancangan desain simpeg pada tahap desain menggunakan bahasa program html, php, javascript, jquery+ajax, dan css. Hasil penelitian pada uji kelayakan validasi ahli dengan tiga aspek, pada aspek program dengan kategori sangat baik, aspek content (isi) berada pada kategori sangat baik, aspek pengguna pada kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil pada kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik. Kefektifan aplikasi berdasarkan ISO 9126 dengan indikator task effectiviness, error frequency, task completion diukur dengan pengujian blackbox, validasi aspek program, aspek pengguna, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan simpeg yang dikembangkan efektif. Kepraktisan simpeg dilihat dari hasil validasi aspek pengguna, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan simpeg yang dikembankan praktis.
Copyrights © 2024