Anak usia dini merupakan anak yang berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik, kognitif, sosial emosional, kreatif, linguistik dan komunikatif. Masa ini memerlukan banyak rangsangan perkembangan, termasuk keterampilan interaksi sosial, untuk mencapai titik optimal. Interaksi sosial penting dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa adanya sebuah interaksi akan sangat menyulitkan semua orang dalam hidup di lingkungan masyarakat. Keterampilan komunikasi sosial sangat penting pada anak usia dini, karena dalam berinteraksi anak diajarkan untuk hidup bermasyarakat di lingkungannya. Selain itu, melalui interaksi sosial, anak dapat belajar mengungkapkan perasaan dan secara tepat menantang perilaku moralnya sendiri, serta mengenalkan anak pada pola pikir orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi sosial anak pada pendidikan anak usia dini di lembaga anak POCENTER. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Sumber data berupa data primer yaitu: peneliti melakukan pengamatan langsung di lapangan yaitu di Tempat Penitipan Anak POCENTER. Data sekunder berupa buku-buku, jurnal, sumber internet, dan hal-hal lain yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak Pocenter mempunyai kemampuan komunikasi sosial yang baik antara lain kerjasama, tolong menolong, menghargai dan berbagi.
Copyrights © 2024