Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 7 No. 2 (2023)

Pengaruh Minat Baca Dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Firmazelin, Alya (Unknown)
Harahap, Cinta Salsabila Putri (Unknown)
Ginting, Fitri Febrianti (Unknown)
Nabilah, Jihan Luthfi (Unknown)
Tampubolon, Sarah Witri (Unknown)
Nurmala, Siti (Unknown)
Budiman, Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian ini, metodologi kuantitatif dipadukan dengan metode review. Sebanyak 197 siswa SMA berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data. Pemeriksaan backslide fundamental digunakan dalam prosedur pemeriksaan berpendidikan. Diketahui bahwa minat baca siswa kelas XII MAN 1 Medan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Menurut penilaian yang diberikan responden, penanganan informasi menunjukkan minat belajar siswa mencapai 43,66 persen pada kelas dengan aturan sedang dan 62,95 persen pada kelas besar. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa koefisien regresi X dan Y yang diuji signifikan karena t hitung (7,734) lebih besar dari sig (0,000). Akibatnya, penemuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara hasil belajar dan minat pemahaman. Dihitung dengan menggunakan persentase hasil belajar yang dicapai siswa kelas XII IPA MAN 1 MEDAN.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...