Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 8 No 2 (2024): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Strategi Pengembangan Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa Berdasarkan Kriteria Penilaian Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)

Faisal, Faisal (Unknown)
Anggreni, Fenny (Unknown)
Srimuliati, Srimuliati (Unknown)
Parabbi Afriza, Cici (Unknown)
Al-Fariq Azhar, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa berdasarkan kriteria penilaian pada Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Pendekatan yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), dengan fokus pada 9 (sembilan) komponen Krieteria Akreditasi LAMDIK yang meliputi 1) Visi dan Tujuan Program Studi, 2) Tata Pamong-Tata Kelola dan kepemimpinan, 3) Mahasiswa, 4) Dosen dan tenaga Kependidikan, 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian Kepada Masyarakat, serta 9) Luaran dan Capaian Tridharma. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa memiliki sejumlah kekuatan, seperti dosen yang berkualifikasi baik dan inovasi dalam kurikulum berbasis teknologi. Namun, ditemukan pula beberapa kelemahan, seperti keterbatasan sarana laboratorium dan minimnya jumlah Penelitian dan PkM Dosen yang dananya bersumber dari Luar Negeri. Peluang untuk pengembangan meliputi dukungan kebijakan nasional terhadap pendidikan matematika dan kemitraan dengan institusi luar negeri, sementara ancaman meliputi persaingan antarlembaga dan perubahan kebijakan akreditasi. Berdasarkan temuan tersebut, disusun strategi pengembangan berupa peningkatan kapasitas dosen melalui pelatihan, penguatan jaringan kerjasama, optimalisasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing program studi dan memastikan tercapainya akreditasi unggul pada LAMDIK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...