Penelitian ini bertujuan menganalisis pemikiran pendidikan adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali. Penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif ini menerapkan metode studi literatur. Kajian ini menganalisis pemikiran adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali. Hasil analisis tersebut kemudian disusun untuk men-takhrij pemikiran pendidikan adab-adab dalam ibadah menurut Imam Al Ghazali yang dapat diaplikasikan dalam pendidikan Islam masa kini untuk meningkatkan pemahaman adab-adab ibadah di perguruan tinggi. Rumusan pemikiran pendidikan adab-adab ibadah yang dihasilkan di antaranya adab muslim secara umum; adab belajar dan mengajar; adab berbeda pendapat; adab dalam shalat; adab shaum; adab sedekah; adab ukhuwah; dan adab amar ma’ruf nahi mungkar. Muatan pembahasan yang diturunkan dari tujuan kriteria lulusan yang hendak dicapai kemudian dilengkapi dengan rencana pembelajaran yang sistematis; model dan metode pembelajaran yang aplikatif; penguatan peran dosen sebagai teladan dan sistem evaluasi berdasarkan penguasaan adab dan ilmu secara komprehensif.
Copyrights © 2023