Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru dan juga untuk penyempurnaan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Kurikulum merdeka lebih memfokuskan kepada pengembangan karakter serta kompetensi pada peserta didik. Selain itu kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan kurikulum dan juga penerapan pembelajarannya yang sesuai dengan minat maupun bakat peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan dalam proses penerapan pembelajarannya apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka, dan mengetahui bagaimana upaya guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka khususnya dalam mata pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research (lapangan). Penelitian ini membahas terkait permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 34 Jakarta lalu menganalisis dalam bentuk uraian yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa di SMK Negeri 34 memiliki permasalahan dalam penerapan kurikulum yaitu kesulitan mengubah pola pikir atau kebiasaan lama, siswa harus naik kelas, kurangnya proyektor, adanya diferensiasi, kurang paham dalam penerapan pembelajaran kurikulum Merdeka, dan siswa tidak boleh tinggal kelas.
Copyrights © 2023