Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
Vol 8, No 1 (2023): Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman

PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 34 JAKARTA

Kunaenih, Kunaenih (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
I𝚛𝚑𝚊𝚖, M𝚞𝚑𝚊𝚖𝚖𝚊𝚍 (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru dan juga untuk penyempurnaan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Kurikulum merdeka lebih memfokuskan kepada pengembangan karakter serta kompetensi pada peserta didik. Selain itu kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan kurikulum dan juga penerapan pembelajarannya yang sesuai dengan minat maupun bakat peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan dalam proses penerapan pembelajarannya apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka, dan mengetahui bagaimana upaya guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka khususnya dalam mata pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research (lapangan). Penelitian ini membahas terkait permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 34 Jakarta lalu menganalisis dalam bentuk uraian yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa di SMK Negeri 34 memiliki permasalahan dalam penerapan kurikulum yaitu kesulitan mengubah pola pikir atau kebiasaan lama, siswa harus naik kelas, kurangnya proyektor, adanya diferensiasi, kurang paham dalam penerapan pembelajaran kurikulum Merdeka, dan siswa tidak boleh tinggal kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-muaddib

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan ...