Penelitan ini bertujuan Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik, Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik, dan Menguji penggunaan metode suku kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 di SD Dumas Surabaya. Metode mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa soal tes. Hasil penelitian, disimpulkan (1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum penerapan metode suku kata termasuk dalam kategori kurang dengan hasil nilai rata-rata (mean) hanya sebesar 54,91. (2) Kemampuan membaca peserta didik kelas sesudah penerapan metode suku kata termasuk dalam kategori baik dengan hasil nilai rata-rata (mean) sebesar 82. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metoe suku kata terhadap kemampuan membaca peserta didik terlihat pada hasil uji-t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel (thitung = 8,199 > ttabel = 2,228) dengan nilai sig. probabilitas < 0,05. Dengan kata lain, bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan metode suku kata terhadap kemampuan membaca peserta didik
Copyrights © 2025