Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

PENGARUH METODE SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD DUMAS SURABAYA

Putri, Ella Febriola (Unknown)
Ghufron, H. Syamsul (Unknown)
Susanto, Rudi Umar (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitan ini bertujuan Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik, Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik, dan Menguji penggunaan metode suku kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas 1 di SD Dumas Surabaya. Metode mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa soal tes. Hasil penelitian, disimpulkan (1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum penerapan metode suku kata termasuk dalam kategori kurang dengan hasil nilai rata-rata (mean) hanya sebesar 54,91. (2) Kemampuan membaca peserta didik kelas sesudah penerapan metode suku kata termasuk dalam kategori baik dengan hasil nilai rata-rata (mean) sebesar 82. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metoe suku kata terhadap kemampuan membaca peserta didik terlihat pada hasil uji-t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel (thitung = 8,199 > ttabel = 2,228) dengan nilai sig. probabilitas < 0,05. Dengan kata lain, bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan metode suku kata terhadap kemampuan membaca peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...