Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

PENGARUH METODE GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATERI KALIMAT SEDERHANA KELAS II SD

Eliza, Eliza (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)
Basith, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah diterapkanmetode global pada materi kalimat sederhana; mengetahui seberapa besar pengaruh metode global terhadapkemampuan membaca siswa pada materi kalimat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 15 Perigi Nyatuk. Jenispenelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen dalam bentuk one group pretestpostest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas II SDN 15 Perigi Nyatuk tahun ajaran2024/2025 yang berjumlah 16 orang siswa. Sampel yang diambil mnggunakan teknik sampling jenuh. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik tes berupa lembar soal kemampuan membaca dengan bentuk pilihan gandabersi 10 soal. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil analisisdidapatkan bahwa data berdistribusi normal dan termasuk dalam data yang homogen. Hasil penelitian menunjukan 1)terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode global pada materikalimat sederhana kelas II SDN 15 Perigi Nyatuk, setelah dihitung uji paired sampel t-test diperoleh Thitung<Ttabel yaitu-0,876 < 2,132 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. 2) metode global berpegaruh besar dengan kriteria sangat tinggiterhadap kemampuan membaca siswa pada materi kalimat sederhana kelas II SDN 15 Perigi Nyatuk dengan hasil ujieffect size 1,33 dengan kategori sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode globalterhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 15 Perigi Nyatuk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...