Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PKn PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SDN 09 SAKE BENGKAYANG

Yohana, Via (Unknown)
Anitra, Rien (Unknown)
Kamaruddin, Kamaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada pelajaran PKn materikeragaman budaya bangsaku dikelas IV SD Negeri 09 Sake Bengkayang; (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa pada pelajaran PKn materi keragaman budayabangsaku dikelas IV SD Negeri 09 Sake Bengkayang. Metode penelitian ini merupakan penelitian pendekatankualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Sake Bengkayang. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep PKn siswa dan pedoman wawancara. Teknik analisisdata yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yaitu redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep PKn siswa tergolong sedang, sudah cukupmemuaskan dengan perolehan nilai yang cukup tinggi yaitu dengan rata-rata umum sebesar 75,9 selain itupenguasaan terhadap indikator-indikator pemahaman konsep sudah cukup bagus. Kendala-kendala yang masihdihadapi peserta didik dalam memahami konsep antara lain minat peserta didik yang masih kurang. Adapun faktorfaktor yang memengaruhi kemampuan pemahaman konsep PKn siswa yaitu kurangnya perhatian siswa dalammemperhatikan materi pelajaran, kurang memiliki minat belajar dan kurang fokus dalam mengerjakan tes yangdiberikan sehingga menimbulkan kesulitan dalam memahami proses pembelajaran dan kesulitan dalammenyelesaikan soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...