Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan peningkatan antara kemampuan berfikir kritissiswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan model cooperative tipe think pair share dengan pembelajaran yangmenggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SD, untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh modelcooperative tipe think pair share terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDNSingkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design, danbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ada siswa kelas IV SDN 71 Singkawang yangberjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling sehingga sampel yangdigunakan berjumlah 38 yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagaikelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes kemampuanberfikir kritis siswa. Teknik analisis data yang yang digunakan analisis kuantitatif berupa Uji-t, Effect Size. Hasilpenelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat perbedaan peningkatan antara kemampuan berfikir kritis siswa padepembelajaran IPA yang menggunakan model cooperative tipe think pair share dengan pembelajaran langsung padasiswa kelas IV SDN 71 Singkawang. Hal ini dapat ditunjukan berdasarkan taraf signifikansi sebesar 0,033< 0,05. 2)Terdapat pengaruh model think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV SDdengan kategori sedang (0,690).
Copyrights © 2025