Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan kemajuan sistem Informasi dan Teknologi (IT), khususnyadalam hal pembuatan bahan ajar yang interaktif, inovatif dan komprehensif bagi siswa maupun guru. PengembanganLKPD berbasis teknologi atau biasa disebut Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui analisis kebutuhan pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning, untuk merancang E-LKPD berbasisdiscovery learning, untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning. Jenispenelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembanganADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi materidan media dilakukan untuk menguji kelayakan materi E-LKPD yang dikembangkan dengan memperoleh hasil sangatlayak dengan hasil penilaian ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 87,5% dan hasil penilaian ahli mediamemperoleh nilai persentase sebesar 91,67%. Uji praktikalitas memperoleh nilai persentase sebesar 92% dengankategori sangat layak. Uji efektivitas memperoleh nilai rata-rata 77,25 dari yang sebelumnya hanya sebesar 29,45sehingga dikategorikan cukup efektif. Sehingga didapatkan hasil bahwa penggunaan E-LKPD berbasis discovery learninglebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada topik wujud zat danperubahannya jika dibandingkan dengan proses pembelajaran yang tidak memakai E-LKPD dan hanya menggunakanmetode ceramah.
Copyrights © 2025