Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 97 PALEMBANG

Rahman, Andi (Unknown)
Ramadhani, Putri Ayu (Unknown)
Rosmiyati, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

 Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pola asuh orang tua dengankemandirian belajar siswa kelas III di SD Negeri 97 Palembang. Pada penelitian ini yang digunakan merupakanpenelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pada penelitian ini memiliki populasi sebanyak 18 siswa yang dimana itumerupakan seluruh siswa kelas III SD Negeri 97 Palembang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakanteknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 97 Palembang. Pada teknik pengumpulan data yangdigunakan pada penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat hasil yaitu danpola asuh yang dominan pada siswa kelas III di SD Negeri 97 Palembang yakni pola asuh demokrat dan terdapathubungan yang positif lemah dan signifikansi antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas III SDNegeri 97 Palembang. Dapat dilihat hasil dari nilai korelasi yang diperoleh adalah r = 0,271 yang dimana berada padainterval 0,20 ≤ ???? ≤ 0,49 yang berarti menunjukan positif lemah. Terlihat dari r = 0,271 dan P- value = 0,277 lebih besardari nilai ???? = 0,05 maka Ha diterima dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuhorang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas III SD Negeri 97 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...