Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD SWASTA GALILEO PLUS MABAR T.A. 2024/2025

Sitinjak, Rutiah Destriana (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

 Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang di Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini adalah Pre Eksperimen One Group Pretest-Posttest. Penelitian inimenggunakan perhitungan dengan IBM SPSS Statistik tipe 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhpenerapan model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangunruang di kelas V SD Swasta Galileo Plus Mabar T.A 2024/2025. Hal ini dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pretestdan soal posttest terhadap sampel. Soal pretest diberikan pada sampel sebelum pemberian perlakuan pada sampel.Sedangkan soal posttest merupakan soal yang diberikan pada sampel setelah diberi perlakuan. Hasil pretest yangdiperoleh adalah 56,01 sedangkan hasil posttest bernilai 80,44. Perbandingan skor pretest dan posttest meningkatsebanyak 24,43. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebanyak 21 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas padapenelitian ini diketahui skor rata-rata dari pretest dan posttest berdistribusi normal, selanjutnya peneliti melakukan ujihipotesis menggunakan independent t test karena data pada penelitian berdistribusi normal sehingga diperoleh hasil ujihipotesis thitung> ttabel 0,111 > 0,05. Dengan demikian maka nilai Ha diterima, dan Ho ditolak. Sehingga terdapatperbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran PMRterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V Sd Galileo PlusMabar T.A. 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...