Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 3 (2024)

Analisis Penggunaan Media Pop-Up Book dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Pujilestari, Desi (Unknown)
Kartinah, Kartinah (Unknown)
Kusniati, Siti (Unknown)
Miyono, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman materi pada siswa adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media buku pop-up dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan tiga siswa kelas II A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara, dan untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku pop-up dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selama proses pembelajaran, siswa tampak antusias, aktif, dan fokus. Disarankan agar guru lebih inovatif dan kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, karena media seperti buku pop-up dapat menarik minat siswa dan meningkatkan motivasi belajar, yang pada akhirnya dapat memaksimalkan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...