Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 6 (2023)

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat

Setiadi, Achmad Dedi (Unknown)
Erawati, Muna (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, faktor penghambat serta solusi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi kendala dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila pada siswa di SMP IT Cahaya Ummat. jenis pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa SMP IT Cahaya Ummat   Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Strategi guru PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat  Kabupaten Semarang: mengoptimalkan kegiatan pembiasaan dan Internalisasi dalam pembelajaran di kelas. Dampaknya strategi ini telah berhasil mengembangkan sikap-sikap positif pada siswa. Mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang mereka lakukan. 2). Faktor yang menghambat yaitu penyesuaian diri dengan kurikulum yang berbeda dari sebelumnya, perubahan regulasi kurikulum yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dan perlunya kolaborasi dan pemahaman yang sama dari para guru terkait dengan kurikulum baru. 3) Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah menyesuaikan diri dengan kurikulum baru, berkolaborasi dan berkoordinasi antar guru, serta mendapatkan dukungan dari sekolah dalam memfasilitasi dan menyampaikan perubahan regulasi kepada guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...