Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, faktor penghambat serta solusi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi kendala dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila pada siswa di SMP IT Cahaya Ummat. jenis pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Strategi guru PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang: mengoptimalkan kegiatan pembiasaan dan Internalisasi dalam pembelajaran di kelas. Dampaknya strategi ini telah berhasil mengembangkan sikap-sikap positif pada siswa. Mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang mereka lakukan. 2). Faktor yang menghambat yaitu penyesuaian diri dengan kurikulum yang berbeda dari sebelumnya, perubahan regulasi kurikulum yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dan perlunya kolaborasi dan pemahaman yang sama dari para guru terkait dengan kurikulum baru. 3) Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah menyesuaikan diri dengan kurikulum baru, berkolaborasi dan berkoordinasi antar guru, serta mendapatkan dukungan dari sekolah dalam memfasilitasi dan menyampaikan perubahan regulasi kepada guru.
Copyrights © 2023