Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 1 (2024)

Gangguan Kepribadian Guru Dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran di MI/SD

Faizin, Muh Hasan (Unknown)
Sriyanti, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gangguan-gangguan kepribadian guru dan pengaruhnya dalam pembelajaran, serta penanganannya. Terapi yang dapat diberikan kepada orang yang mengalami gangguan kepribadian yaitu psikoterapi dan farmakoterapi. Ganggguan kepribadian guru berdampak terhadap pengelolaan kelas dan tentunya akan merusak siklus belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dari platform Google Scholar dan Google Bookcs. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Gangguan kepribadian guru merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi kualitas pendidikan. Faktor-faktor seperti beban kerja tinggi, konflik dalam lingkungan kerja, dan masalah kepemimpinan diidentifikasi sebagai penyebab utama gangguan kepribadian guru. Gangguan ini berdampak pada pembentukan karakter siswa, minat belajar, motivasi belajar, dan manajemen kelas. Untuk mengatasi gangguan kepribadian guru, langkah-langkah seperti dukungan psikologis, peningkatan kesadaran tentang kesehatan mental, dan perbaikan lingkungan kerja dianjurkan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kesejahteraan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...