Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 2 (2024)

Pengembangan Media Pop Up Book Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Febriyanti, Linda (Unknown)
Widiyono, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini di lakukan karena adanya kesulitan dari siswa dalam memahami materi tata surya pada kegiatan proses pembelajaran sehingga rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa, hal ini terjadi Ketika pada proses pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up book untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam mata pelajaran IPA. Penelitian pengembangan media ini menggunakan penelitian pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan bentuk penelitian pengembangan. Penelitian ini melibatkan pembuatan buku pop-up yang berfokus pada tata surya, yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar di kelas enam. Paradigma ADDIE terdiri dari lima tahap berbeda: analisis, desain, pengembangan, implementasi maupun evaluasi. Penelitian ini di lakukan 26 siswa kelas VI SDN 3 Krapyak Jepara. Validasi ahli media di dasarkan pada penilaian yang di lakukan oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli media 1 memperoleh nilai 88,8%, validasi ahli media 2 memperoleh 82,2% dan validasi ahli materi memperoleh 80% sehingga menempati media pembelajaran yang sangat layak. Nilai rata-rata pretest sebesar 66,36% dengan jumlah siswa tuntas 11 dan nilai rata-rata pottest 81,7% degan siswa tuntas sebanyak 26. Uji t di gunakan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang di gunakan, hasil uji t menujukan sig (t-tailed) 0,000 ( 0,05) maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t-test terdapat perbedaan nilai hasil yang berarti antara kelompok pretest dan posttest. Dari hasil data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan anatara sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...