Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M)
Vol. 2 No. 1 (2019)

Profil Berpikir Kritis Siswa MTs Bergender Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah

Dwi Shinta Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan Abad 21 yang harus dimiliki siswa untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. Kemampuan ini tidak berkembang alami tapi perlu dilatih, salah satunya melalui penyelesaian masalah matematika berkaitan dengan Pytahagoras. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa MTs bergender perempuan dalam menyelesaikan masalah Pythagoras. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara berbasis tugas. Data dianalisis melalui tahap Reduksi Data, Pemaparan Data, dan Penarikan Simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1) subjek berkemampuan matematika tinggi mememenuhi semua kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview; 2) subjek berkemampuan matematika sedang memenuhi kriteria Focus, Reason, Inference, Clarity, dan Overview; serta 3) subjek berkemampuan matematika rendah memenuhi kriteria Focus dan Overview. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

factorm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Factor M focuses on the main issues in mathematics education and applied mathematics. In addition, Journal Factor M also discusses issues that generally exist in the field of mathematics ...