Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M)
Vol. 3 No. 1 (2020)

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Time Token Arends terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa

Untari, Erny (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) model pembelajaran yang lebih efektif antara metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Time Token Arends terhadap prestasi belajar siswa. 2) tipe kemampuan berinteraksi yang memberikan prestasi lebih tinggi, apakah kemampuan berinteraksi tinggi,sedang, atau rendah. 3) apakah ada interaksi antara metode belajar dengan kemampuan berinteraksi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Paron yang diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dan metode tes. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dimana siswa dapat memperoleh prestasi belajar lebih tinggi jika diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. 2) kemampuan berinteraksi tinggi dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berinteraksi sedang dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Time Token Arends dengan kemampuan berinteraksi siswa terhadap prestasi belajar siswa. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

factorm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Factor M focuses on the main issues in mathematics education and applied mathematics. In addition, Journal Factor M also discusses issues that generally exist in the field of mathematics ...