Jurnal Ilmiah Bashrah
Vol 4 No 01 (2024): Jurnal Ilmiah Bashrah Institut Agama Islam Pemalang (INSIP)

KEMAMPUAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA PENILAIAN AKHIR SEKOLAH (PAS) DI MAN 3 SLEMAN

nursoleh, nursoleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian menghasilkan data bahwa penyusunan soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) kelas X/XI PIPA/PIPS/PK, dan kelas XII PK dilakukan oleh guru mata pelajaran mengacu kepada silabus mata pelajaran yang sudah diajarkan di kelas. Kemampuan guru kelas X/XI PIPA/PIPS/PK dalam menyusun kisi-kisi soal HOTS secara akumulatif memiliki predikat baik dengan nilai persentase 75,03% dan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS secara akumulatif mendapat predikat baik dengan nilai presentase 75%. Materi yang diujikan masih rendah tingkat kontekstualnya. Proses penyusunan soal tersebut sudah dilakukan melalui perencanaan yang jelas. Kemudian komposisi soal HOTS Bahasa Arab pada Penilaian Akhir Sekolah (PAS) dilihat dari tingkat kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, memiliki dominasi yang seimbang dengan soal-soal yang masuk kriteria soal LOTS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bashrah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Bashrah adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, pengajaran dan pengembangan di bidang pendidikan bahasa Arab dan kebahasa araban. Setiap edisi yang diterbitkan, mengangkat tema-tema kajian ...