ALACRITY : Journal Of Education
Volume 4 Issue 3 Oktober 2024

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bidang Datar Segitiga Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA)

Fitri, Annisa (Unknown)
Damanik, Anro Gumero (Unknown)
Zega, Nurhamidah (Unknown)
Fauzi, Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bidang datar segitiga menggunakan pendekatan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan jenis kesalahan yang dilakuan siswa saat menyelesaikan soal bangun datar segitiga. Subjek pada penelitian ini ialah 34 orang siswa kelas XII IPA 3 di MAN 1 Medan. Data diperoleh melalui tes tertulis yang berjumlah 2 (dua) butir soal uraian, kemudian data yang diperoleh dianalisis berdasarkan tahapan NEA, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses keterampilan, dan kesalahan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap membaca yaitu 17,64% siswa, kesalahan pada tahap memahami yaitu 24,99% siswa, kesalahan pada tahap transformasi yaitu 61,76% siswa, kesalahan pada tahap keterampilan proses yaitu 49,99% siswa dan kesalahan pada tahap jawaban akhir yaitu 49,99% siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alacrity

Publisher

Subject

Education Other

Description

ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of ...