ALACRITY : Journal Of Education
Volume 5 Nomor 1 Februari 2025

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar

Sugiyanto, Sugiyanto (Unknown)
Hasim, Wahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan study kasusu kualitatif dengan kepala sekolah sebagai informan utama, karena kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengawasi, membimbing, serta mengontrol seluruh aktivitas yang berlangsung di sekolah. Untuk mencapai kevalidan data, kepala sekolah menunjuk sejumlah guru dan memilih beberapa siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi yang dilanjutkan dengan wawancara mendalam sebagai metode utama. Selain itu, dokumentasi digunakan sebagai pelengkap untuk memperkaya hasil pengamatan dan wawancara. Proses analisis data dilakukan melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Upaya meningkatkan motivasi belajar, guru menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas seperti penggunaan proyektor untuk menayangkan video dan gambar yang relevan dengan materi yang diajarkan. 2) Peran guru untuk memperbaiki keterampilan sosial siswa, guru mengimplementasikannya melalui perilaku dan sikap yang ditunjukkan dalam interaksi sehari-hari. Sebagai fasilitator, guru memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran, sambil membimbing mereka untuk mengaplikasikan keterampilan sosial yang baik dalam setiap kegiatan. Guru juga berperan sebagai teladan yang menunjukkan cara berinteraksi yang positif dengan orang lain, sehingga dapat memberikan contoh langsung bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alacrity

Publisher

Subject

Education Other

Description

ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of ...