Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol. 2 No. 1 (2019): Indonesian Journal of Islamic Teaching

PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BONDOWOSOPENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BONDOWOSO

rashid, abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Indonesia adalah Negara yang terdiri dari beragam masyarakat yang beragam agama, suku, ras, kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa, menjadikan masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang majemuk, dalam kehidupan yang beragam seperti ini menjadi tantangan untuk mempersatukan bangsa Indonesia menjadi satu kekuatan yang dapat menjunjung tinggi perbedaan dan keragaman masyarakatnya. Negara yang memiliki keunikan multi entitas dan multimental seperti Indonesia dihadapkan pada dilematisme tersendiri, di satusisi membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar sebagai multicultural nation-state, tetapi di sisi lain merupakan suatu ancaman. Maka bukan hal yang berlebihan bila ada ungkapan bahwa kondisi multikultural diibaratkan seperti bara dalam sekam yang mudah tersulut dan memanas sewaktu-waktu. Kondisi ini merupakan suatu kewajaran sejauh perbedaan disadari dan dihayati keberadaannya sebagai sesuatu yang harus disikapi dengan toleransi. Namun, ketika perbedaan tersebut mengemuka dan menjadi sebuah ancaman untuk kerukunan hidup, hal ini dapat menjadi masalah yang harus diselesaikan dengansikap yang penuh toleransi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...