Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol. 2 No. 2 (2019): Indonesian Journal of Islamic Teaching

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PRANATAL PERSEPEKTIF ISLAM (Studi Atas Ibu Hamil di Desa Bloro Besuki Situbondo): IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PRANATAL PERSEPEKTIF ISLAM (Studi Atas Ibu Hamil di Desa Bloro Besuki Situbondo)

suryadi, suryadi suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2020

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, manusia berbekal pengetahuan dan keterampilan sehingga manusia akan berkembang menjadi lebih baik. Pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam setiap tatanan masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan diri seseorang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dalam hal ini adalah ibu hamil di Desa Bloro. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pendidikan pranatal menurut Islam yang diterapkan oleh ibu hamil dengan beberapa metode, yaitu: membaca Al-Qur’an, Sholat, berpuasa, berdzikir, mengikuti pengajian di majlis ta’lim, berdo’a serta menjada perilaku selama kehamilan. Faktor pendorong pendidikan pranatal yaitu motivasi keluarga, pemahaman pendidikan pranatal, dan motivasi dari suami. Serta faktor penghambat berupa kondisi fisik, ekonomi dan psikis. Pemahan ibu hamil di desa Bloro tentang pendidikan pranatal bisa dikatakan cukup baik. Mereka percaya bahwa anak dalam masa kandungan sudah bisa dididik dan direncanakan sesuai harapan orang tua. Pendidikan itu berupa stimulasi, sentuhan, komunikasi, dan juga pendidikan secara tidak langsung baik dalam bentuk fisik maupun psikis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...