Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol. 3 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Islamic Teaching

UIN KHAS JEMBER Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan ( Studi di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahul Ulum Al Khairiyah Tempurejo): Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan

rohman, musfiqur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Abstrak Pembentukan karakter merupakan usaha atau suatu proses yang dilakukan untuk menanamkan hal positif pada anak yang bertujuan untuk membangun karakter yang sesuai dengan norma, dan kaidah moral dalam bermasyarakat. Ada tiga faktor yang sangat penting dalam proses pembentukan karkter anak yaitu faktor pendidikan (sekolah), lingkungan masyarakat, dan lingkungan keluarga. Pembentukan karakter diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh sekolah untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah. Tujuan pendidikan karakter pada dasarnya adalah mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong siswa tumbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup. Masyarakat juga berperan membentuk karakter anak melalui orang tua dan lingkungannya. Karakter dapat dibentuk melaui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di Madarasah Tsanawiyah Satu Atap Miftaul Ulum Al Khairiyah Tempurejo, yang telah difokuskan dalam fokus penelitian, yaitu Bagaimana pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aktivitas keagamaan ?, pembentukan karakter tangung jawab peserta didik melalui Aktivitas keagamaan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini adalah: Pembentukan karakter peserta didik baik disiplin maupun tangung jawab melalui kegiatan keagamaan yakni tahapan Moral Knowing meliputi kegiatan terprogram dan tidak terprogram, mauidotul hasanah, nasehat-nasehat, baimbingan konseling, pembiasaan kegiatan rutin, spontanistas, dan keteladanan. Tahapan Moral Feeling meliputi peraturan tata tertib, pembiasaan kegiatan rutin, spontanistas, dan keteladanan, serta pemberian reward dan punisment. Tahapan Moral Action meliputi kegiatan pembiasaan kegiatan rutin, spontanistas, dan keteladanan, penerapan budaya malu, kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Kegiatan Keagamaan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...