Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam suatu pembelajaran dengan memadukan materi pembelajaran Akidah Akhlak dalam cerita yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat inovatif untuk dilakukan. Integrasi dilakukan dalam media Big book untuk mengajarkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D. Hasil analisis paired sample T test menunjukkan bahwa nilai signifikansi hitung adalah sebesar 0,00 < 0,05, dan selisih rata-rata antara posttest dan pretest adalah 33,478. Berdasarkan tabel di atas juga diperoleh data t hitung sebesar 7,842 dan t tabel sebesar 1,717. Oleh karena t hitung 7,842 > t tabel 1,717 maka disimpulkan terdapat perbedaan skor pre dan post tes sehingga media Big book berbasis terintegrasi nilai-nilai keislaman efektif untuk digunakan.
Copyrights © 2020