Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol. 5 No. 1 (2022): Indonesian Journal of Islamic Teaching

Penerapan Model Pembelajaran ARCS untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Peserta Didik di MI Nurul Hidayah Bondowoso

Pratiwi, Sinta Yulis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Setiap anak yang lahir memiliki motivasi belajar. Dari berbagai macam teori motivasi yang berkembang, Keller menyusun seperangkat prinsip-prinsip motivasi yang dapat diterapkan dalam proses belajar-mengajar, yang disebut model ARCS. Model pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfaction dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Sedangkan kecerdasan verbal linguistik dalam teori Gardner, adalah kemampuan verbal yang telah berkembang dengan baik dan peka terhadap bunyi, makna, dan irama kata. Penerapan Model ARCS dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik di MI Nurul Hidayah bervariasi melalui beberapa aspek. Penerapan kegiatan membaca dan menulis yang dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan diri (confidence) peserta didik. Penerapan kegiatan berbasis proyek dan demontrasi dilaksanakan untuk meningkatkan perhatian (attention) pada peserta didik. Selain itu, kegiatan eksperimen yang memiliki relevansi (relevance) pada mata pelajaran tematik juga mampu memberikan kepuasan (satisfaction) pada peserta didik MI Nurul Hidayah Bondowoso.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...