Pendekatan STEM adalah suatu pendekatan yang diharapkan mampu membantu siswa mengintegrasikan aspek Science, Technology, Engineering, and Mathematics yang memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Literasi sains (scientific literacy) merupakan hal yang penting untuk dikuasai karena aplikasinya yang luas dan hampir di segala bidang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL berpendekatan STEM terhadap peningkatan literasi sains biologi pada siswa kelas IX MTS Sahabat Cendikia Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa MTS Sahabat Cendikia pada materi sistem pewarisan sifat. Hal ini terlihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Rata-rata posttest kelas eskperimen dengan nilai rata-rata sebesar 97, sedangkan kelas kontrol sebesar 81. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL berpendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa MTS Sahabat Cendikia kota Ternate.
Copyrights © 2024