Perguruan Tinggi adalah kelanjutan pendidikan menengah yang diselengarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi maupun kesenian. Proses belajar merupakan suatu hal yang kompleks bagi mahasiswa dan menentukan terjadi tidaknya belajar, sehingga mahasiswa dituntut aktif dan mandiri dalam belajarnya. Motivasi mahasiswa akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam jangka panjang, salah satunya dalam hal prestasi akademik. Bila motivasi tinggi, maka akan meningkatkan semangat belajar serta prestasi akademiknya. Begitupun sebaliknya bila motivasi rendah, maka akan berpengaruh pada semangat belajar dan prestasi akademik yang juga ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Khairun. Data yang disajikan berupa data mentah yang diolah menggunakan metode kualitatif yaitu suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Adapun yang disajikan dalam deskripsi data ini adalah deskripsi frekwensi yang disajikan per indikator beserta prosentase frekwensi dan perolehan skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa, motivasi berprestasi mahasiswa pendidikan biologi Universitas Khairun sangat tinggi dengan skor senilai 85.2%.
Copyrights © 2024