Jurnal Bioedukasi
Vol 7, No 1: Jurnal Bioedukasi Edisi April 2024

PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP METAKOGNISI SISWA

Wahab, Julfadli (Unknown)
Bahtiar, Bahtiar (Unknown)
Mas’ud, Abdu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Peningkatan kemampuan metakognisi dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi model Group Investigation berbantuan peta konsep terhadap kemampuan metakognisi siswa SMA Negeri 6 Halmahera Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas Xa dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas Eksperimen, dan kelas Xb dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang sebagai kelas kontrol. Kemampuan metakognisi siswa diukur menggunakan instrumen tes essay, selanjutnya dianalisis dengan uji anakova dengan program SPSS 19.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 (˂ α=0,05), ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi siswa. Kombinasi peta konsep dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation memiliki efek positif pada kemampuan metakognisi siswa, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bioedukasi diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Jurnal ini memuat hasil penelitian ataupun kajian yang berkaitan dengan masalah dalam Pendidikan Biologi dan Biologi Sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan ...