Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol. 10 No. 1 (2024): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Analisis Kebutuhan Inovasi Modul Digital berbasis Hypercontent di Perguruan Tinggi

Suprayekti, Suprayekti (Unknown)
Hirmana Wargahadirata, R. A. (Unknown)
Zuhdy, Zuhdy (Unknown)
Kustandi, Cecep (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Pergeseran yang terjadi dalam pendidikan sebagai dampak kemajuan teknologi juga berkaitan dengan model komunikasi dosen dan mahasiswa diarahkan untuk lebih interaktif dan demokratis. Oleh karena itu, modul perkuliahan berbasis digital dapat menjadi alternatif media yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi modul digital berbasis hypercontent pada mata kuliah landasan ilmu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah sepuluh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan umumnya mahasiswa mengalami masalah ketika melakukan proses pembelajaran melalui Learning Management System (LMS). Hal ini dikarenakan mahasiswa kesulitan mengakses materi karena internet yang bermasal. Sehingga, dengan adanya modul digital berbasis hypercontent mahasiswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini berimplikasi terhadap ilmu pendidikan dalam melakukan pengembangan sumber belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...