Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol. 10 No. 3 (2024): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Strategi Komunikasi Tokoh Muslim dalam Meningkatkan Nilai Sosial Masyarakat Multikultural di desa Bunut Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Lubis, Nur Hidayah (Unknown)
Mailin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Strategi komunikasi yang digunakan oleh tokoh-tokoh Muslim dalam masyarakat multikultural, seperti membangun dialog antar-kelompok, menekankan pesan-pesan perdamaian dan toleransi, serta mengelola perbedaan secara efektif. Upaya-upaya tokoh Muslim dalam meningkatkan nilai-nilai sosial yang positif di masyarakat multikultural, seperti mempromosikan saling pengertian, gotong-royong, dan solidaritas sosial. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi tokoh masyarakat muslim dalam meningkatkan nilai sosial masyarakat multikultural di desa Bunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metode utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif sebagai studi yang menghasilkan data deskriptif, baik dalam bentuk kata-kata tertulis maupun lisan, yang berasal dari orang atau perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh-tokoh masyarakat Muslim di Desa Bunut telah mengambil langkah konkret seperti mediasi konflik, promosi dialog antaragama, dan pemberian bantuan sosial tanpa diskriminasi. Dampak positif dari strategi komunikasi ini terlihat dalam terjalinnya kerukunan antarwarga, peningkatan pemahaman antaragama, dan meningkatnya solidaritas sosial. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran tokoh masyarakat Muslim dalam memperkuat nilai-nilai sosial di masyarakat multikultural.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...